STATISTIKA KEPENDUDUKAN SEBAGAI KONTROL PERTUMBUHAN PENDUDUK DESA SUMBERAGUNG

Sumberagung – Grobogan (16/08/2018)┬áKegiatan diawali dengan perijinan dan konsultasi mengenai program pengolahan data kependudukan dan pembuatan piramida penduduk di balai desa dengan bertemu perangkat desa terkait. Selanjutnya dilakukan pengambilan data kependudukan melalui website Simakdes Sumberagung. Data kependudukan tersebut diolah berdasarkan metode ilmu statistika kependudukan dan menggunakan software statistika (microsoft excel).
Program pertama mengenai pendampingan pembuatan piramida penduduk Desa Sumberagung dengan sasaran perangkat Desa Sumberagung. Piramida penduduk tersebut menyajikan komposisi penduduk berdasarkan data umur dan jenis kelamin penduduk Desa Sumberagung. Dari grafik piramida penduduk dapat diperoleh informasi mengenai struktur kependudukan di wilayah Desa Sumberagung.
Program kedua mengenai pembuatan infografis statistika kependudukan yang memuat informasi mengenai besar kepadatan penduduk, rasio jenis kelamin, rasio ketergantungan, dan rasio wanita-anak di Desa Sumberagung.
Hasil grafik piramida penduduk dan infografis statistika kependudukan dicetak dan ditempel di majalah dinding Balai Desa Sumberagung sebagai bahan informasi kependudukan yang dapat dimanfaatkan dalam penentuan kebijakan-kebijakan pembangunan di Desa Sumberagung.

Penulis : Shella Faiz R (Tim II KKN Undip Desa Sumberagung)

Editor: Rachma Purwanti, S.KM, M.Gizi