Akhirnya Dilepas, Mahasiswa KKN UNDIP Tim 1 Tahun 2019 Siap Mengabdi di Desa Sungapan

Senin (07/01/2019) Universitas Diponegoro telah melaksanakan upacara pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 1 Tahun 2019 yang bertempat pada Lapangan Widya Puraya pukul 07.00-07.30 WIB. Upacara yang dipimpin oleh Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. berlangsung khidmat. Peserta upacara terdiri dari 10 Dosen Koordinator Kabupaten, 115 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan 2512 mahasiswa Sarjana Universitas Diponegoro. Pada tahun ini, Universitas Diponegoro menerjunkan mahasiswa ke 10 kabupaten diantaranya Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Semarang, Temanggung, Jepara, Grobogan, Pati dan Rembang. Sepuluh kabupaten tersebut dibagi lagi menjadi 33 kecamatan yang nantinya akan dibagi menjadi 35 kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari 7-10 mahasiswa di setiap desa.

Akes

“Berhati-hatilah selama melaksanakan kegiatan KKN, jaga nama baik almamater kita. Apalagi ini kan bulan-bulan politik, jangan sampai kalian dimanfaatkan oleh pihak tertentu” Demikian kutipan amanat dari Rektor Universitas Diponegoro dalam upacara pelepasan Mahasiswa KKN Tim 1 Tahun 2019. Sependapat dengan amanat yang telah diberikan oleh Rektor Universitas Dipenogoro, salah satu mahasiswa KKN yang diterjunkan di Kecamatan Pemalang berpendapat bahwasannya mahasiswa yang sudah siap diterjunkan di lapangan, harus siap juga menjaga nama baik almamater, kalau tidak siap menjaga nama baik almamater lebih baik diurungkan saja niat untuk mengabdikan diri.

Upacara pelepasan ditutup secara simbolis dengan penyematan topi KKN kepada setiap Koordinator Kecamatan. Lalu diakhiri dengan pembacaan doa.

Penerjunan mahasiswa KKN UNDIP Tim 1 Tahun  2019 dilakukan secara bertahap. Penerjunan pertama dilakukan pada hari Senin, 7 Januari 2019 dengan tujuan 5 kabupaten yakni Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Temanggung. Pada penerjunan kedua dilakukan pada hari Selasa, 8 Januari 2019 dengan tujuan 5 kabupaten lainnya yakni Semarang, Jepara, Grobogan, Pati, Rembang. Semua alat transportasi penerjunan difasilitasi oleh kampus yakni Bus dan Truk pengangkut motor.

Reporter : Akes Damianto/Tim 1 KKN Undip Desa Sungapan, Kec. Pemalang, Kab. Pemalang.