Pengenalan dan Pendampingan Pemasaran Melalui BRANDUK (Branding Produk) Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Pengusaha Kecil di Desa Kauman
Pada Sabtu, 10 Februari 2018,dilaksanakan pertemuan untuk kelompok UMKM sekaligus perangkat Desa Kauman yang bertempat di Aula PKK Desa Kauman, dalam pertemuan tersebut Tim Pengabdian Masyarakat UNDIP hadir untuk mengisi di acara tersebut.
Pada acara tersebut TIM Pengabdian Masyarakat mengisi sesi acara dengan melakukan Pengenalan dan Pendampingan Pemasaran Melalui BRANDUK (Branding Produk), ini dilakukan kaerna Kelompok UMKM desa Kauman masih kurang dalam melakukan branding produk sehingga produk tidak dikenal masyarakat dan pasarnya kecil.
Hal itulah yang melatar belakangi untuk membuat program pengenalan dan pendampingan ini. Tidak hanya itu dalam sesi tersebut juga dipaparkan mengenai cara memilih packaging yang paling baik dan yang sesuai dengan kualitas produk UMKM, kontain-kontain yang harus ada dalam label kemasan, dan juga contoh desain label yang dibuat oleh Peserta Tim Pengabdian Desa Kauman, yang diharapkan label tersebut dapat dimanfaatkan untuk mulai membuat brand produk UMKM Sendiri .
Anggota kelompok UMKM desa sangat antusias dengan paparan dari Peserta Tim Pengabdian, hal ini dibuktikan dengan respon yang baik saat sesi perkenalan. Selain itu kelompok tani dan perangkat desa Desa Kauman juga sangat antusias dengan mencatat hal-hal penting yang dipaparkan sekaligus bertanya dan berdiskusi mengenai pemasaran yang cocok untuk produk UMKM desa Kauman.