Mengabdi Ilmu untuk Desa Ambowetan (Reportase Minggu II Tim I KKN UNDIP Ds. Ambowetan, Kec. Ulujami, Kab. Pemalang)

Tak terasa kami sudah menginjak minggu kedua di Desa Ambowetan. Suasana yang akrab nan hangat membuat kami merasa betah dan makin semangat dalam melaksanakan program-program kami. Di minggu kedua ini, kami mulai melaksanakan program-program keilmuan atau yang sering disebut dengan sebutan ‘Program Monodisiplin’ yang dilaksanakan di beberapa tempat, diantaranya adalah Sekolah Dasar, PAUD, Pengajian, serta Arisan PKK. Tak lupa kami juga memulai survey serta persiapan untuk program multidisiplin, seperti POSDAYA dan UMKM.
Pelaksanaan program monodisiplin diawali dengan pelaksanaan program monodisiplin di PAUD dengan menyebar leaflet pengetahuan tentang kesehatan balita kepada ibu-ibu di PAUD. Melihat wajah-wajah bahagia para Ibu setelah menerima informasi dari kami membuat semangat kami bertambah dalam mengabdi di Desa Ambowetan. Kami juga melaksanakan beberapa sosialisasi di arisan dan pengajian PKK mengenai Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yang merupakan salah satu program unggulan Tim I KKN UNDIP Desa Ambowetan Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Ibu-ibu juga diajarkan cara membuat alat sederhana perangkap nyamuk yang biasa disebut Ovitrap, yang mana merupakan salah satu program multidisiplin yang berkaitan dengan kesehatan keluarga.
Kami juga melaksanakan program monodisiplin yang bertujuan untuk memajukan murid-murid Sekolah Dasar di Desa Ambowetan. Pembelajaran tanpa adanya kemampuan soft skill tidak akan membuat seseorang menjadi unggul dari yang lain. Oleh karena itu, program yang bersifat sosialisasi dan pengembangan soft skill pada anak Sekolah Dasar diharapkan mampu memberi pengetahuan sekaligus mengembangkan potensi anak sejak dini. Kami juga mulai melaksanakan program “Kelompok Belajar Ceria” untuk murid kelas 6 SD untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Nasional.
Pada minggu kedua ini pula, Dosen Pembimbing Lapangan kami melakukan survey ke desa-desa yang dibimbing. Pada Kecamatan Ulujami terdapat tiga DPL, diantaranya adalah Bu Retno dari FKM, Pak Kunarso dari FPIK, serta Pak Arya dari FT. Desa Ambowetan sendiri mendapat DPL Ibu Retno. Dalam kunjungan beliau, kami berkonsultasi sekaligus dipantau mengenai perkembangan program-program kami. Ibu Retno berpesan untuk segera menyelesaikan program supaya waktu yang dihabiskan semakin efektif.

4

7

5

6