Pendampingan Masyarakat Desa Bangunsari Mengenai Pentingnya Membuang Sampah Berdasarkan Jenis Sampah Guna Menciptakan Lingkungan Desa yang Sehat

Bangunsari, Kendal – Sampah┬ámasih menjadi persoalan yang masih belum bisa diatasi sepenuhnya di Indonesia. Padahal, jumlah sampah diperkirakan terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan perilaku memilah sampah yang masih buruk di Indonesia. Melakukan kegiatan memilah sampah organik dan anorganik merupakan kegiatan yang mudah dan tanpa biaya.

Selain itu bisa mendatangkan manfaat bagi kehidupan sendiri dan orang lain. Di negara maju seperti Jepang, mereka sudah mulai melakukan pemilahan sampah rumah tangga di Jepang mencapai 22 jenis dan telah menjadi budaya di negara mereka. Indonesia yang hanya diminta memilah dua jenis sampah saja, masih belum mampu menjalankan program ini. Padahal pemerintah di beberapa daerah di Indonesia sudah mulai menjalankan program pemilahan sampah ini salah satunya dengan menyediakan tempat sampah sesuai dengan jenis sampah.

Oleh karena itu, Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Diponegoro melakukan pendampingan kepada masyarakat guna memilah sampah sesuai jenis nya. Hal ini dilakukan guna melestarikan kembali lingkungan tercemar dan mengurangi potensi banjir. (20/08/2018)