Pendampingan Upaya Peningkatan Kepuasan Masyarakat Pada Unit Layanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof. Dr. Margono Soekarjo di Purwokerto
Peningkatan kualitas pelayanan harus berorientasi pada kepuasan masyarakat (consumer oriented).
Artinya peningkatan kualitas pelayanan harus berdasarkan kebutuhan masyarakat dan harus
ditujukan untuk kepuasan masyarakat. Oleh karena itu sebelum peningkatan kualitas pelayanan
dilakukan, perlu dilakukan survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan administrasi di suatu
instansi.
Berdasarkan pemahaman tersebut, mahasiswa dari Tim Pengabdian Masyarakat UNDIP berinisiatif
melakukan survei kepuasan pasien serta memaparkan hasil survei pada acara Workshop
Peningkatan Kualitas dan kepuasan pasien dalam Pelayanan pada Pada Unit Layanan Rumah Sakit
Umum Daerah (RSUD) Prof. Dr. Margono Soekarjo. Dilaksanakan pada Tanggal 31 Mei 2018 di
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Survei dilakukan
dengan menyebar 100 lembar kuesioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan seputar indikator
kepuasan pasien seperti dari segi waktu, biaya, kesopanan & keramahan pegawai serta kemampuan
perawat dalam melayani masyarakat. Setelah data diperoleh, selanjutnya data diolah dan dibuat
diagram untuk dipaparkan pada acara workshop. Dengan demikian maka perangkat kecamatan
mampu mengetahui kelemahan dari pelayanan administrasi yang dilakukan sehingga mampu
menentukan perbaikan dan peningkatan apa yang harus dilakukan.