PKK Cepagan Hebat

Foto Bersama Ibu-Ibu PKK
Cepagan, Batang. Selasa 29 Januari, telah dilaksanakan kegiatan program monodisiplin dari jurusan teknik kimia dan kesehatan masyarakat. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk sosialisasi dan praktik tentang TOGA (Tanaman Obat Keluarga) serta pelatihan pembuatan sabun dengan memanfaatkan minyak jelantah ini bertepatan dengan kegiatan rutinan ibu-ibu PKK Desa Cepagan. Kegiatan berlangsung pada pukul 16.00-17.30 WIB. Sebagai awalan, ketua PKK memberikan sambutan, selanjutnya diikuti acara inti yaitu sosialisasi tentang Tanaman Obat Keluarga dan praktik pembuatan sabun dari minyak jelantah.

Pembuatan Sabun
Ibu-ibu PKK tampak antusias karena belum pernah menerima penyuluhan baik tentang tanaman TOGA ataupun praktek pembuatan sabun dari minyak jelantah, sebelumnya. Beberapa pertanyaan disampaikan oleh ibu-ibu yang penasaran tentang dua program ini.

Materi Pemanfaatan Toga
Dengan kegiatan ini diharapkan ibu-ibu dapat menggunakan bahan-bahan yang ada didapur sebagai alternatif pengobatan sebelum pergi ke dokter,dan juga dapat menanam tanaman TOGA di pekarangan rumah sendiri. Selain iibu-ibu juga dapat memperhatikan penggunaan minyak goreng yang tidak boleh lebih dari 3 kali karena dapat menyebabkan kanker, untuk itu minyak jelantah yang tidak dipakai lagi dapat dimanfaatkan untuk pembuatan sabun. (Tim Desa Cepagan)

 

ed: zulfa alfaruqy