Edukasi Prodeo dan Fasilitas Layanan Hukum Gratis untuk Warga Kurang Mampu

ProdeoPendowo, Pemalang –  Pada tanggal 26 Januari 2019 telah dlaksanakan edukasi oleh mahasiswa KKN UNDIP Tim 1 Desa Pendowo Bodeh, Bayu Tri P, mengenai Prodeo. Edukasi ini didasarkan pada masalah yang sering terjadi di Desa Pendowo. Salah satu masalah yang ditemui pada Desa Pendowo banyaknya tanah warga yang tidak memiliki sertifikat, sehingga rawan untuk terjadi sengketa. Padahal pada umumnya warga desa yang bersengketa bisa dibilang merupakan warga yang kurang mampu.

Prodeo sendiri merupakan layanan pembebasan biaya perkara perdata untuk masyarakat kurang mampu. Ruang lingkup layanan yang didapatkan oleh masyarakat kurang mampu meliputi layanan bebas biaya perkara, penyelenggaraan sidang diluar pengadilan, dan pos bantuan hukum. Layanan Pos Bantuan Hukum dipengadilan negeri tersedia bagi penggugat, tergugat, terdakwa, dan saksi yang secara ekonomi kurang mampu. Jenis layanan yang diberikan adalah pemberian informasi, konsultasi, dan advis hukum, Bantuan pembuatan dokumenhukum yang dibutuhkan, penyediaan informasi daftar Organisasi Bantuan Hukum.

Pada kesempatan kali ini tentu saja disampaikan cara untuk mengajukan Prodeo pada saat peradilan. Syarat-syarat harus dipenuhi agar dapat mendapatkan layanan pembebasan biaya perkara. Poster edukasi tentang Prodeo sudah terpasang di balai desa untuk membantu masyarayat. Diharapkan dengan adanya edukasi mengenai prodeo dapat membantu masyarakat, khususnya masyarakat kurang mampu dalam hal ekonomi.

-Bayu Tri P