Pemanfaat Wortel Sebagai Tabir Surya dan Pembuatan Spray Anti Nyamuk dari Serai di Desa Sukodono

Minggu (21/07/19) – Salah satu program kegiatan Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Sukodono adalah pemanfaatan wortel sebagai tabir surya dan pembuatan spray antinyamuk dari serai. Kegiatan ini dilatarbelakangi dengan kondisi masyarakat Sukodono pada saaat ini. Kegiatan dimulai pukul 13.30 di kumpulan ibu PKK RT 03/RW 01 dan di RT 03/RW 03.

progam mono deci,novi, via_190721_0002

Pemanfaatan wortel sebgai tabir surya dilaksanakan di RT 03/RW 01. Pemaparan program ini disampaikan oleh salah satu mahasiswi KKN TIM II UNDIP Sukodono yaitu Desi Kristina Gultom dari Jurusan Farmasi. Masyarakat Sukodono ternyata belum mengetahui banyak hal tentang perlunya penggunaan tabir surya. Jepara diketahui memiliki suhu yang cukup ekstrem sehingga sangat dibutuhkan tabir surya sebelum keluar rumah disiang hari maupun di sore hari. Pemanfaatan wortel sebagai tabir surya sangat bermanfaat bagi ibu-ibu yang ingin menggunakan tabir surya dari bahan alami. Cara pembuatannya adalah dengan menghaluskan wortel lalu mencampurkan madu, air lemon, dan minyak zaitun. Ibu-ibu PKK yang ikut serta dalam kegiatan tersebut sangat antusias dalam mendengarkan materi yang diberikan.

progam mono deci,novi, via_190721_0018

Pemanfaatan serai sebagai anti nyamuk sudah banyak diketahui oleh masyarakat sekitar. Pekarangan rumah warga Desa Sukodono sangat banyak ditumbuhi oleh tanaman serai. Untuk memudahkan pemakaiannya, mahasiswa Tim KKN II Undip Sukodono membuat spray anti nyamuk dari tanaman serai. Pemaparan program ini disampaikan oleh salah satu mahasiswi KKN Tim II Undip Sukodono yaitu Via Mariani Sihole dari Jurusan Kimia. Ibu PKK yang ikut serta juga sangat antusias dalam mendengarkan penjelasan yang diberikan oleh mahasiswa KKN.