Kecamatan Bodeh : Penggunaan Origami sebagai Media untuk Meningkatkan Kreativitas Anak di Desa Jraganan

 

Bermain seni melipat kertas origami
        Bermain seni melipat kertas origami

Tingginya antusiasme anak-anak dan Guru di SD Jraganan terhadap kesenian sanggat tinggi, Namun kurangnya tenaga pengajar untuk kesenian di desa Jraganan mengakibatkan beberapa kegiatan kesenian seperti seni melipat kertas tidak dilakukan di desa Jraganan. Oleh karena itu diadakan kegiatan seni melipat kertas (Origami) untuk meningkatkan kreatifitas anak.

Program ini dilaksanakan pada tanggal 18 Januari 2017 di SD Negeri Jraganan Pada pukul 14.00 sampai 15.30 WIB. Origami adalah kesenian dimana kita mencurahkan isi hati dan jiwa kedalam sebuah kertas. Dengan adanya program ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan motorik dan imajinasi anak, serta memperkenalkan kesenian Jepang mengenai origami tersebut kepada anak anak di SD Negeri Jraganan.

Program ini dilakukan dengan Memperkenalkan dan mempraktekkan secara langsung berbagai macam bentuk origami seperti burung bangau , jangkrik , tikus dan lain lain.

Pada kesempatan ini kami membuat salah satu bentuk origami dalam bentuk Burung Bangau. Burung bangau merupakan salah satu hewan yang dianggap suci dijepang. Warga memiliki kepercayaan, apabila seseorang melipat seribu burung bangau dan menghubungkannya dengan benang maka harapannya akan dikabulkan.

Review : AMS, 29 Januari 2017