Senam Pagi dan Sosialisasi Gizi Seimbang di POSBINDU Desa Mangunan

JEPARA – (15/7) Pos Binaan Terpadu atau POSBINDU merupakan salah satu program dari PKK Desa Mangunan yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali. Acara yang diadakan setiap tanggal 15 ini, meliputi senam pagi dan cek kesehatan. Untuk bulan ini, cek kesehatannya terdiri dari cek tekanan darah, kolesterol, gula darah, dan asam urat.

Reportase Posbindu 1

POSBINDU diawali dengan senam pagi pukul 9 yang dipimpin oleh Ibu instruktur yang energik. Sekitar tiga puluhan ibu datang meramaikan acara yang diadakan di balai desa Mangunan ini. Setelah senam, dilanjutkan dengan penyuluhan tentang gizi seimbang oleh Bela Daniartama dan Lula Reezky dari Fakultas Kedokteran

Reportase Posbindu 2

Reportase Posbindu 3

Anggota Tim II KKN Undip memberikan materi tentang empat sehat lima sempurna yang sudah diganti dengan tumpeng gizi seimbang. Isi dari materi tumpeng gizi seimbang masih sama dengan empat sehat lima sempurna, (makanan pokok, lauk pauk, sayuran, buah-buahan, susu), tetapi ditambah dengan air putih dan aktivitas fisik atau olahraga. Selain itu, tumpeng gizi seimbang juga mengatur tentang asupan gula, garam, dan minyak harian kita. Untuk gula konsumsi maksimalnya per hari adalah 4 sendok makan, untuk garam 1 sendok teh, dan untuk minyak 6 sendok makan.