Senam Anti Stroke dan Penyuluhan Gizi Daur Lanjut Usia di Desa Mangunan

Reportase Lansia 1

   JEPARA Posyandu lansia adalah salah satu program kerja dari PKK Desa Mangunan yang dilaksanakan setiap selapan sekali. Selapan adalah hitungan satu bulan menurut kalender jawa. Kegiatan posyandu biasanya diisi dengan cek kesehatan, tetapi ada yang berbeda pada pelaksanaan posyandu lansia pada Kamis (25/7). Kali ini kegiatan diisi dengan senam anti stroke dan juga penyuluhan gizi daur lanjut usia dari Tim II KKN Undip.

Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan senam bersama. Senam yang dipilih adalah senam anti stroke yang berisi gerakan-gerakan ringan yang sesuai bagi para lansia. Senam ini bisa dilakukan hanya dengan berdiri di tempat.

Reportase Lansia 2

Setelah senam dilanjutkan dengan penyuluhan tentang gizi daur lanjut usia oleh salah satu anggota Tim II KKN Undip, Bela Daniartama, dari Jurusan Ilmu Gizi. Penyuluhan berisi tentang penjelasan berbagai masalah gizi dan kesehatan lansia, diantaranya ada hipertensi, diabetes, osteoporosis, sarkopenia, konstipasi, dll. Selain itu ada juga panduan menjaga gizi seimbang untuk lansia.