Pengenalan Story-telling sebagai Metode Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Inggris pada Siswa Kelas 5 SDN 01 Payung, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang
PEMALANG – Pengenalan metode story-telling kepada tenaga pendidik menjadi salah satu usaha untuk menjauhkan mindset ‘sulit’ dan ‘membosankan’ oleh para siswa terhadap pembelajaran Bahasa Inggris. Metode ini, secara spesifik, berguna sebagai sarana memaksimalkan pembelajaran kosakata pada siswa Kelas 5 SDN 01 Payung, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang. Program ini telah dilaksanakan oleh Tim KKN II Desa Payung pada Senin (22/7) hingga Sabtu (22/7) pukul 07.30 WIB.
Selain mengenalkan metode ini kepada guru, kegiatan juga dilanjutkan dengan percobaan penerapan metode yang memakan waktu sekitar 6 hari. Dalam pelaksanaannya, kegiatan dalam program ini mencakup penjelasan secara umum terkait metode kepada guru, pre-test di awal sebelum penerapan dimulai, dan post-test di akhir program. Hasil tes menunjukkan, dari 23 siswa kelas 5, 19 anak mendapatkan hasil yang meningkat dari sebelumnya dan 4 anak tidak mengalami peningkatan sama sekali. Dengan kata lain, keberhasilan penerapan metode sejauh ini mencapai 83%. Pengenalan metode ini kepada tenaga pengajar diharapkan mampu diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Inggris ke depannya.