Pendidikan Kreatif di Desa Kalibanger

TIM 1 KKN UNDIP Desa Kalibanger menjalankan sejumlah kegiatan monodisiplin di bidang pendidikan pada minggu kedua KKN. Kegiatan tersebut adalah melakukan penanaman nilai pentingnya menjaga pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan tangan serta cara penyampaian yang kreatif yaitu menggunakan lagu cuci tangan bersih. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri Kalibanger yang diikuti oleh peserta dari kelas 3 dan 4. Endri Styani, mahasiswa Ilmu Keperawatan sebagai pelaksana kegiatan mengatakan “Penanam nilai tersebut penting dilakukan agar membiasakan perilaku hidup bersih dan perilaku tersebut merupakan salah atu pendidikan karakter yag baik untuk di terapkan.”

6Gambar Pelatihan Mengenai Cuci Tangan Bersih

Selain kegiatan tersebut, Aulia Budi mahasiswa Teknik Geodesi juga menjalankan program monodisiplinnya yaitu “Pengenalan Peta Indonesia” untuk anak kelas 3 dan 4 di SD Negeri Kalibanger. Menurut Aulia, Pengenalan peta tersebut perlu di kenalkan sejak dini agar anakanak mengenali negerinya sendiri. Aulia memberikan gambar dan bentuk masing-masing pulau yang ada di Indonesia. Aulia juga berharap agar kelak anak-anak juga dapat mengetahui potensi negerinya sendiri.

7Gambar Pengenalan Peta Indonesia

Kegiatan selanjutnya yang dilakukan pada minggu pertama KKN adalah Program monodispilin dari Mahasiswa Ilmu Komunikasi oleh Almira Yughni. Program tersebut merupakan salah satu pendidikan karakter yang penting diberikan untuk anak-anak yaitu “Public Speaking; Seni berbicara di depan umum.” Sebelumnya pada survey yang dilakukan, banyak anak-anak yang malu dan tidak berani dalam menyampaikan gagasannya. Dengan dilakukannya pelatihan public speaking tersebut diharapkan dapat merubah pola pikir dan menimbulkan keberanian pada anak-anak untuk mengekspresikan dan menyampaikan gagasannya.

8Gambar Pelatihan Public Speaking