PROGRAM UNGGULAN TIM II KKN UNDIP 2019 DESA TEMON : TINGKATKAN KETAHANAN PANGAN DENGAN VARIASI OLAHAN MAKANAN BURGER NASI DENGAN PATTI SUBSTITUSI NUGGET TEMPE

nungget tempe desa temon

nungget tempe desa temon

GROBOGAN, 02 AGUSTUS 2019 – Tim II KKN Undip 2019 membuat pelatihan pengolahan makanan untuk pertama kalinya di Dusun Ketitang, Desa Temon, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan. Pada program kali ini mengusung komoditas unggulan di Dusun Ketitang yaitu padi dengan hasilnya berupa beras kemudian diolah menjadi burger nasi dengan patti yang disubstitusi dengan nugget tempe. Tempe merupakan salah satu produk olahan kedelai yang kaya akan protein dengan harga yang terjangkau. Program pelatihan pembuatan burger nasi dengan patti substitusi nugget tempe diikuti oleh 15 orang dari kelompok PKK di Dusun Ketitang, Desa Temon. Kegiatan ini disampaikan oleh Sekar Anggita Cahyani, mahasiswi jurusan Teknologi Pangan. Kegiatan pelatihan pembuatan burger nasi dengan patti substitusi nugget tempe diawali dengan pembagian bahan kepada kelompok PKK yang telah disusun kelompok memasaknya dilanjutkan dengan mengolah tempe hingga menjadi nugget tempe. Bahan yang diperlukan untuk membuat nugget tempe cukup sederhana diantaranya tempe, bawang merah, bawang putih, lada bubuk, ketumbar bubuk, garam, gula, telur, tepung terigu dan tepung panir. Sedangkan bahan yang diperlukan untuk membuat burger nasi antara lain nasi, selada, tomat, timun dan saus sambal.

nugget tempe desa temon

Tim II KKN Undip Desa Temon, Kecamatan Brati berharap dengan adanya program ini, para anggota PKK dapat meningkatkan pemanfaatan nasi dan tempe agar turut serta membantu menunjang variasi konsumsi pangan oleh masyarakat. Selain itu, untuk memperkenalkan kepada masyarakat mengenai makanan olahan cepat saji sekaligus mengedukasi masyarakat bahwa makanan cepat saji seperti nugget dan burger juga dapat dihasilkan tanpa memerlukan bahan yang relatif mahal. Makanan cepat saji sangat membantu bagi ibu-ibu PKK yang memiliki kegiatan yang relatif cukup padat karena nugget tempe memiliki masa simpan yang lebih lama dibandingkan dengan tempe yang belum diolah.