Partisipatif Warga Menyongsong Kemajuan Desa

Kegiatan Musrenbang Desa Sidomulyo di Balai Desa
Kegiatan Musrenbang Desa Sidomulyo di Balai Desa

Sidomulyo-Pagerbarang, Tegal (3/1) – Musyawarah Rencana Pembangunan Desa atau yang lebih dikenal dengan Musrenbangdes merupakan suatu forum musyawarah tahunan di tingkat desa yang diikuti oleh para pemangku kepentingan desa untuk menyepakati bersama Rencanan  Kerja Pembangunan (RKP) desa tahun anggaran yang direncanakan.

Desa Sidomulyo melaksanakan kegiatan musrenbangdes pada minggu pertama awal tahun yakni pada hari Jum’at, 3 Januari 2020 pukul 08.30-10.30 WIB yang bertempat di Balai Desa Sidomulyo. Acara ini dihadiri oleh BPD (Badan Permusyawaratan Desa), perangkat desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan LPMD (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa serta mahasiswa KKN Tim I Undip Desa Sidomulyo. Musyawarah ini diselenggarakan sabagai upaya perbaikan pembangunan Desa Sidomulyo yang lebih baik di tahun yang akan datang.

Musyawarah dipandu oleh Bapak Erwin selaku Sekretaris Desa Sidomulyo yang dibuka dengan sambutan oleh Bapak Camat Pagerbarang, dan Kepala Desa Sidomulyo. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan anggaran dana desa oleh sekretaris desa dan pengusulan anggaran dana yang telah ditetapkan dalam kamus usulan musrenbang oleh peserta forum. Pada sesi ini partisipasi peserta forum cukup aktif dalam menyampaikan pendapat dan menerangkan kebutuhan masing-masing sesuai dengan bidangnya dimulai dari bidang kesehatan, sosial, pendidikan, perindustrian, pariwisata, dan perkimtaru. Kemudian dari hasil usulan tersebut setiap bidang diambil dua prioritas anggaran dana kegiatan yang nantinya akan diajukan ke pemerintah. Antusiasme peserta semakin meningkat ketika memasuki sesi diskusi dimana terjadi perdebatan antara peserta forum dengan perangkat desa saat membahas mengenai dana sosial. Hasil musyawarah diperoleh kesepakatan bahwa sebagian besar anggaran dana perlu difokuskan untuk pengadaan dan perbaikan sarana prasarana desa dalam berbagai kegiatan serta pengalihan dana pembinaan menjadi dana sosial.

Acara ditutup dengan pembacaan kesepakatan hasil usulan-usulan anggaran dana oleh sekretaris desa. Dari kegiatan ini peserta forum menyampaikan harapan supaya semua hal yang telah disampaikan dan diusulkan dapat ditindaklanjuti  dengan baik oleh perangkat desa maupun pemerintah.

Direview Oleh: Nurhadi Bashit