Toilet Menjadi Tempat Penularan Covid-19, Mahasiswa UNDIP Berikan Solusinya

Mustikajaya, Bekasi (20/7) – Dari tanggal 5 Juli -15 Agustus 2020 Universitas Diponegoro kembali menerjunkan mahasiswanya untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN). KKN kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pandemi Covid-19 menyebabkan kita semua harus beradaptasi dengan keadaan sehingga KKN kali ini bertemakan “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)” dilakukan di kampung halaman mahasiswa.

Penularan virus SARS CoV-2 yang secara massif menyebabkan situasi menjadi pandemi. yang sering disebut pandemi covid-19. Selain penularan karena droplets dari orang yang terinfeksi, dan kontak fisik dengan orang yang terinfeksi, penularan dapat terjadi di dalam toilet. Penularan yang terjadi di dalam toilet disebabkan karena percikan air pada permukaan toilet yang terdapat virus lalu membentuk awan partikel yang mengandung virus SARS CoV-2. Apabila awan partikel tersebut terjadi kontak dengan manusia maka proses infeksi virus dapat terjadi.

Permasalahan inilah yang menyebabkan mahasiswa UNDIP mencari solusi, yaitu dengan pembuatan larutan pembersih toilet dengan bahan dasar yang mudah ditemui seperti citrune, osasir, asam flourida, dan air.

Pembuatan larutan pembersih toilet dilakukan bersama warga RW 032 Kelurahan Mustikajaya Kota Bekasi oleh Fadjrin Nur Rahmayani, mahasiswa KKN Undip dari Fakultas Sains dan Matematika Prodi Kimia. Kegiatan ini tetap mengikuti protokol kesehatan dengan mencuci tangan sebelum kegiatan dan menggunakan masker selama kegiatan. Larutan Pembersih toilet yang dihasilkan selanjutnya dibagikan kepada masyarakat sekitar dan diaplikasikan di toilet rumah masing-masing sebagai langkah preventif penularan virus SARS CoV-2 saat menggunakan toilet.

Foto : Pembagian Larutan Pembersih Toilet

Oleh: Fadjrin Nur rahmayani

Editor : Rudy Hartanto (DPL KKN)