Bentuk Pola Hidup Baru! Mahasiswa KKN UNDIP Sosialisasikan Cara Pencegahan Covid-19

Blora (15/2) – Pandemi Covid-19 telah terjadi di Indonesia sejak tanggal 2 Maret 2020 setelah diumumkannya dua kasus pertama pasien positif virus corona di Indonesia. Sampai saat ini upaya penanganan pandemi Covid-19 masih berlanjut di Indonesia. Melalui laman resminya www.covid19.go.id pemerintah Indonesia memberikan informasi secara terbuka mengenai perkembangan penangan pandemi Covid-19, cara pencegahan, dan informasi – informasi penting lainnya. Tetapi pada kenyataannya tidak semua masyarakat Indonesia menerima informasi tersebut.

Universitas Diponegoro menerjunkan para mahasiswanya untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tanggal 4 Januari 2020. Pelaksanaan KKN tahun ini berbeda dengan pelaksanaan KKN pada tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung di Indonesia. Pelaksanaa KKN tahun ini akan dilaksanakan di daerah domisili masing-masing para mahasiswa. Tema yang diusung oleh TIM I KKN Undip 2021 kali ini adalah pemberdayaan masyarakat di tengah pandemi COVID-19 berbasis pada pembangunan berkelanjutan (SDGs)..

Kabupaten Blora merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19. Bahkan beberapa wilayah di Kabupaten Blora telah dinyatakan masuk dalam zona merah. Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diadakan oleh Universitas Diponegoro, salah satu mahasiswa KKN TIM I Undip tahun 2021 mengadakan program sosialisasi mengenai Covid-19 dan cara pencegahannya. Sosialisasi ini dilaksanakan di RT 08 RW 02 Kelurahan Tegalgunung, Kecamatan Blora.

Sosialisasi mengenai Covid-19 dan cara pencegahannya ini dilakukan dalam lingkup kecil yang bekerja sama dengan kelompok Dawis 3 RT 08 RW 02 Kelurahan Tegalgunung. Untuk mempermudah dalam penyampaian informasi, sosialisasi ini dilakukan dengan menggunakan media poster dan penjelasan secara langsung. Setelah diadakan sosialisasi ini beberapa peserta mengaku mendapat informasi baru terkait Covid-19. Sosialisasi ini juga dilakukan dengan penempelan poster pada beberapa tempat umum di Kelurahan Tegalgunung.

Selain sosialisasi mengenai Covid-19 dan cara pencegahannya, terdapat juga program pembagian masker gratis kepada beberapa warga RT 08 RW 02. Pembuatan masker ini sendiri dilakukan oleh warga RT 08 RW 02 dengan pendampingan langsung oleh ketua kelompok Dawis 3 RT 08 RW 02 Tegalgunung, Blora yang juga memiliki pengalaman dalam bidang menjahit. Pendampingan ini sendiri ditujukan untuk manambah hard skill guna mengahadapi pandemi Covid-19 yang berlangsung entah sampai kapan ini, sehinngga diharapkan dapat membuka usaha mandiri dan membuka lapangan kerja baru.

Oleh : Kusuma Hangga Dewa  //  Dosen Pembimbing : Ir. Ibnu Pratikto, M.Si.