Jangan Sembrono Buang Sampah, Mahasiswa KKN TIM 2 UNDIP Mengajak Masyarakat Sekitar Gotong Royong Membersihkan Lingkungan

salah satu mahasiswa tim II KKN Undip yang dibimbing oleh Ocid Mursid, S.T., M.T. terjun di Desa Raci Kecamatan Batangan Kabupaten Pati memberikan warna yang sedikit unik bagi perangkat warga RT 1, RW 3 seperti warga biasa, ketua RT dan sekretaris RW tersebut. Perkenalan tentang data diri Anam dimulai sebelum pada sesi berikutnya yakni menyampaikan edukasi soal pentingnya kebersihan lingkungan, bagaimana cara membersihkan, menjaga dan merawat lingkungan. Penyampaian itupun dilakukan secara lisan. Anam berpendapat bahwa saat ini bukan waktunya untuk mensibukkan diri dalam ketakutan akan pandemi, melainkan kita harus bisa lebih fokus kepada hal-hal esensial seperti atensi pada tempat dimana kita hidup, beraktivitas dan beristirahat. “Salah satu indikator bersihnya lingkungan adalah air di selokan tidak tersumbat, sampah-sampah berada pada tempatnya, minim bahkan tidak ada polusi udara serta tidak ada kotoran-kotoran yang berceceran berhamburan disekitaran tempat tinggal” jelas Anam.

Setelah diadakannya sosialisasi masyarakat setempat diajak gotong royong membersihkan taman desa dan lapangan. Setelah selesai kegiatan diharapkan warga masyarakat Desa Raci lebih bijak dalam menangani masalh kebersihan lingkungan.
Penulis : M. Mishbahul Anam
Editor : Ocid Mursid, S.T., M.T.
Lokasi : Desa Raci, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati