JALIN ASA DALAM ASAP DAN TALI PLASTIK

1 2

Baturejo, Pati 27 Agustus 2016

 

Dukuh Bombong Sentra UMKM

Menjadi wirausahawan bukan hal yang mudah. Kreativitas dan ketekunan adalah beberapa dari sekian watak yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan agar dapat mewujudkan tujuan kerja. Dukuh Bombong, merupakan satu dukuh sentra kerajinan dan wirausaha di Baturejo. Di dukuh Bombong setidaknya ada empat kelompok wirausaha yang besar dan berdiri sudah cukup lama yaitu Pengasapan Ikan, Jamu Gendong, Bronjong, dan Pabrik Tahu.

 

KEUNIKAN

Salah satu kelompok usaha yang terhitung besar adalah usaha pengasapan ikan yang beranggotakan 20 rumah produksi dengan perputaran aset yang cepat dan terhitung tinggi. Ikan didapatkan dari tempat pelelangan ikan di Juwana, dan hasil pengasapan dijual di pasar-pasar daerah Purwodadi hingga Semarang. Hal unik dari usaha ini adalah cara pengolahan ikan asap menggunakan berbagai teknik yang unik dan ramah lingkungan, misalnya penggunaan batang buah jagung sebagai bahan bakar pengasapan ikan, pemanfaatan jeroan ikan lele sebagai makanan dan jeroan ikan lain sebagai pakan ternak, dan penggunaan bahan alami untuk mengawetkan ikan yang belum diasap.

Karya Abadi, merupakan salah satu merk Bronjong atau kerajinan anyaman berbentuk keranjang dari limbah tali plastik milik Pak Khoiri. Karena belum ada pelabelan merek dari produk tersebut maka tim KKN membuat logo yang nantinya akan di tempel pada produk. Pak Khoiri adalah pribadi yang kreatif terbukti dari plafon dan kursi di rumahnya yang terbuat dari tali plastik. Karena belum ada pelabelan merek dari produk tersebut maka tim KKN membuat logo yang nantinya akan di tempel pada produk. Pak Khoiri adalah pribadi yang kreatif terbukti dari plafon dan kursi di rumahnya yang terbuat dari tali plastik. Karena mengamati hal tersebut, maka Tim II KKN Undip Desa Baturejo memberikan inovasi produk seperti tempat tisu, tempat parsel, dan tas belanja dari tali plastik agar produk pak Khoiri semakin bervariasi dan mempunyai identitas.

Semangat para pemilik rumah produksi untuk menggerakkan usahanya tersebut membuat kami, Tim II KKN UNDIP Desa Baturejo tergerak untuk serta meningkatkan kualitas usaha dari segi finansial, karena usaha yang dijalankan sudah terhitung mapan dan pernah mengajukan pinjaman usaha ke Bank namun belum ada catatan atas keuangan usaha yang dilakukan oleh rumah produksi. Seluruh usaha dilakukan dengan berjalan begitu saja tanpa  ada dokumentasi. Hal ini dapat menjadi salah satu jembatan menuju kegagalan jika dibiarkan berlarut-berlarut. Karena berdasarkan pengamatan penulis, usaha-usaha ini mempunyai prospek yang baik ke depannya jika dapat dilakukan dengan lebih rapi baik dari segi manajerial maupun finansial. Oleh sebab itu, Tim II KKN UNDIP Desa Baturejo menjalankan program sosialisasi pembukuan keuangan sederhana UMKM yang dihadiri oleh lebih dari separuh rumah produksi pengasapan ikan di Dukuh Bombong, Desa Baturejo.

Sosialisasi dilakukan pada usaha pengasapan ikan dan bronjong. Sosialisasi pembukuan keuangan berjalan lancar dan mendapat tanggapan yang positif, terbukti saat diberikan modul jurnal dan format laporan keuangan sederhana oleh Tim II KKN UNDIP, peserta sosialisasi meminta untuk dilakukan monitoring pencatatan secara berkala untuk memastikan pemahaman rumah produksi terhadap laporan keuangan. Selama sosialisasi, kondisi juga kondusif karena peserta menunjukkan perhatian dan ketertarikan namun tetap beberapa kali diselingi guyonan agar tidak bosan.

Selain sosialisasi keuangan dan inovasi produk, Tim II KKN UNDIP Desa Baturejo juga memasang spanduk sentra UMKM di depan jalan utama yang menjadi jalan masuk ke sentra UMKM, diharapkan dapat meningkatkan pemasaran UMKM yang meningkatkan penjualan produk. Besar harapan kami sebagai Tim II KKN UNDIP Desa Baturejo dan seluruh elemen masyarakat agar usaha kecil dan menengah milik warga Baturejo dapat sukses dan menyejahterakan masyarakatnya.

 

 

Ingin tahu keunikan Desa lain di kecamatan sukolilo ? klik link dibawah ini

REPORTASE DESA BALEADI Reportase gadudero REPORTASE 3 DESA KEDUNGWINONG reportase desa wegil reportase desa wotan REPORTASE SUKOLILO