Kasus Covid-19 Capai 1 Juta, Mahasiswa KKN UNDIP Bantu Masyarakat Cegah Penularan dengan Cara Paling Sederhana

Semarang(24/01/2021), Pelaksanaan KKN UNDIP Tim I 2021 mulai berlangsung sejak 4 Januari 2021 hingga 16 Februari 2021. KKN Undip yang sekarang berbeda dengan KKN Reguler seperti biasanya, yaitu KKN Reguler Mandiri (KKN Pulang Kampung) dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid -19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)”. Tim I KKN UNDIP 2021 Rw 04, Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang menyelenggarakan program pelatihan pembuatan handsanitizer kepada ibu-ibu PKK, yang dilaksanakan pada pukul 08.00 – 09.00 di wilayah Rw 04, Kelurahan Bulusan.

Dengan kasus covid-19 yang sangat banyak sudah selayaknya Mahasiswa untuk turun ke masyarakat untuk terus menekan dan mengedukasi tentang corona virus ini. Salah satu cara mencegah covid-19 ini adalah dengan penggunaan Handsanitizer. Handsanitizer menjadi produk yang efektif dan sangat efisien sebagai alternatif kita menjaga kebersihan tangan. Adanya pandemi global covid-19 handsanitizer menjadi barang yang cukup langka dan mahal karena pembelian yang masif dari masyarakat. Dari permasalahan tersebut penulis membuat program pelatihan pembuatan Handsanitizer dengan harga terjangkau yang tentunya masih sesuai dengan anjuran dari WHO (World Health Organization).

Pelatihan Pembuatan Handsanitizer dengan Ibu-Ibu PKK
Brosur Cara Pembuatan Handsanitizer

Program ini diikuti oleh Ibu-Ibu PKK Rw 04, Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Semarang. Program dimulai dengan demo terlebih dahulu oleh Mahasiswa untuk mencontohkan kepada Ibu-Ibu. Selanjutnya Ibu-Ibu dipersilakan untuk membuatnya sendiri dengan cara yang sudah dicontohkan dan membaca brosur yang diberikan. Proses pembuatan Handsanitizer mengukuti pedoman yang telah ditetapkan oleh WHO (World Health Organization) dengan bahan yang digunakan untuk pembuatan 500ml yaitu: 375 ml Ethanol 98%, 1 ml Hidrogen Peroksida (H2O2) 50%, 7,5 ml Gliserin 98% serta air destilasi dan pewangi secukupnya ditambahkan hingga 500ml. Melalui program ini diharapkan masyarakat bisa selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dan berperan aktif dalam upaya pencegahan Covid-19.

Penulis : Rizal Kurnia Praja (Fakultas Teknik/Departemen S1 Teknik Perkapalan)

Dosen Pembimbing : Dr. Ir. Pinandoyo, M.Si