Cegah Covid-19, Mahasiswa KKN Undip Ajak Warga Membuat Handsanitizer Sendiri

Semarang (24/1/21) – Kasus covid-19 di tanah air masih belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru atau yang lebih dikenal dengan sebutan “New Normal” ini, masyarakat sudah mulai untuk kembali melakukan aktivitas masing-masing diluar rumah. Akibatnya resiko penyebaran Covid-19 semakin tinggi dan masyarakat diwajibkan untuk selalu siap sedia dalam menghambat penularan dan penyebaran Covid-19, berbagai hal disarankan sebagai upaya untuk mencegah penularan dan penyebaran virus ini. Selain menjaga jarak dengan orang lain, kita juga dianjurkan untuk menjaga daya tahan tubuh dan menjaga kebersihan lingkungan. Salah satu upaya dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan selalu mempersiapkan hand sanitizer dalam aktivitas sehari-hari.

Gambar 1. Sampel Percobaan Pembuatan Handsanitizer

Hand sanitizer dinilai praktis karena dapat digunakan dimana dan kapan saja. Untuk itu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro mengadakan program kegiatan pelatihan pembuatan hand sanitizer yang aman dan mudah dibuat serta sesuai standar World Health Organization (WHO).

Gambar 2. Bahan Pembuatan Handsanitizer

Program kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 24 Januari 2021 dan diikuti oleh warga RT 3 RW 1 Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, sebanyak 20 warga pada jam 10.00 – 12.00 WIB di pelataran Masjid Baitul Muttaqin. Proses pembuatan hand sanitizer telah disesuaikan dengan standar World Health Organization (WHO) dengan takaran 10 botol ukuran 100 ml dibutuhkan bahan yaitu 752 ml Alkohol 99%, 42 ml Hidrogen Peroksida, 15 ml Gliserin, 191 ml Air & Essential oil.

Gambar 3. Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Bersama Ibu PKK

Pada kegiatan ini Agung Wicaksono (22) menjelaskan dan mendemonstrasikan secara langsung cara pembuatan hand sanitizer sesuai standar WHO kepada ibu-ibu PKK yang mehadiri kegiatan tersebut dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Harapan diadakannya kegiatan ini warga mampu mengaplikasikan pembuatan hand sanitizer sesuai standar WHO secara mandiri sehingga dapat membantu mencegah dan memutus rantai penularan virus Covid-19 ini.

Gambar 4. Pembagian Handsanitizer Hasil Pelatihan dan Poster Pembuatan Handsanitizer Kepada Warga

Penulis : Agung Wicaksono
DPL : Dr. Ir. Baginda Iskandar Moeda T., M.Si., IPM.